INGATKAN PENTINGNYA K3, MAHASISWA KKN UNDIP MEMBERIKAN EDUKASI K3 PADA PETANI BAWANG DESA PAGEJUGAN

  • Feb 16, 2023
  • Yayan Hely Diana
  • BERITA

Kab. Brebes, Jawa Tengah (13/02/2023) Penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) sebagai bentuk upaya untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan aman sehingga diharapkan mampu mengurangi probabilitas kecelakaan kerja yang dapat mengganggu produktivitas kerja suatu organisasi/individu. 

Berdasarkan data Kementerian Pertanian Republik Indonesia Brebes merupakan penghasil bawang merah yang menyumbang 18,5% produksi nasional. Bahkan komoditas bawang merah Brebes telah diekspor ke luar negeri. Desa Pagejuan yang merupakan salah satu Desa yang terletak di Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes juga ikut menyumbang produktivitas bawang merah. Diketahui bahwa terdapat beberapa kejadian kasus keracunan pestisida yang dialami oleh petani dikarenakan tidak menggunakan APD (Alat Pelindung Diri) serta Petani kurang memahami penerpan tentang K3 dikarenakan rendahnya pengetahuan mereka yang belum adanya pembinaan K3 bagi mereka yang mereka jadikan sebuah kebutuhan.

Dalam mengatasi permasalahan ini, mahasiswa KKN Undip Tim 1 Universitas Diponegoro Fakultas Sekolah Vokasi, Jurusan Teknologi Rekayasa Teknik Perkapalan  , Albin Abdul Rozaq memberikan edukasi Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) terhadap para petani bawang merah yang ada di Desa Pagejugan.  

Melalui edukasi yang dilakukan diharapkan para petani mampu menerapkan K3 sehingga dapat menghindarkan petani dari bahaya kecelakaan ringan maupun berat, mengurangi rasa sakit dan penderitaan, biaya asuransi dan kecelakaan, menurunkan jumlah kejadian cedera dan cacat permanen, serta peningkatan produktivitas sektor pertanian. Serta dengan adanya edukasi ini petani lebih peduli akan penggunaan alat pelindung diri (APD) untuk mencegah insiden yang tidak diinginkan.