Demi Kurangi Angka Buta Huruf, Tim KKN Undip Ajak Anak SD Membaca dan Menulis Sambil Bermain

  • Feb 23, 2023
  • Yayan Hely Diana
  • BERITA

KAB. BREBES, JAWA TENGAH (13/02) – Tim KKN 1 Undip 2022/2023 di Desa Pagejugan, Kecamatan Brebes melaksanakan salah satu program kerjanya di bidang pendidikan, yakni mengajarkan baca-tulis untuk siswa Sekolah Dasar (SD) yang dikemas dengan konsep “belajar sambil bermain”. Program ini mulai dilaksanakan pada hari Senin (16/1) lalu, di beberapa Sekolah Dasar (SD) di Desa Pagejugan, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes.

Pandemi Covid-19 global pada akhirnya memberikan banyak dampak di dalam kehidupan, salah satunya di bidang pendidikan. Melihat itu, Tim KKN Desa Pagejugan memutuskan untuk menggali beberapa informasi berkait dengan permasalahan yang terjadi di beberapa sekolah dasar (SD) di Desa Pagejugan, yakni di SDN Pagejugan 01 dan SDN Pagejugan 02. Permasalahan yang ditemukan nyaris serupa; terdapat beberapa siswa kelas 1 dan kelas 2 yang masih belum lancar dalam hal membaca dan menulis. Oleh karena itu, Annisa Rachmawati—salah seorang mahasiswa KKN Undip Desa Pagejugan mengusulkan sebuah program kerja berupa pengajaran baca-tulis untuk anak SD kelas 1 dan kelas 2, dengan mengemas kegiatan tersebut dengan konsep belajar dan bermain.

Pengusulan konsep “belajar sambil bermain” ini tidak lepas dari tujuan agar para siswa tidak mudah bosan saat belajar. Program kerja ini akhirnya diterima dengan baik dari kedua pihak sekolah dan mulai dilaksanakan pada tanggal 16—26 Januari 2023. Meski pelaksanaan program kerja hanya berlangsung selama dua minggu, tetapi program ini disambut dengan penuh semangat oleh para siswa. Di tengah-tengah pemaparan materi baca-tulis, sesekali pengajar menyelipkan permainan agar siswa tidak merasa jenuh. Permainan yang dihadirkan pun beragam. Mulai dari permainan ular naga panjang, pesan berantai, roda berputar, hingga menyusun denah ruang tamu.