Belajar Budaya Asing melalui “Sushi” sebagai Senjata Peningkat Semangat Belajar Siswa Desa Pagejugan

  • Feb 21, 2023
  • Yayan Hely Diana
  • BERITA

Desa Pagejugan, kecamatan Brebes, kabupaten Brebes, 7 Februari 2023.

Dalam program kerja ini, tim KKN dari Universitas Diponegoro memperkenalkan kebudayaan negara lain kepada siswa SDN 01 Pagejugan. Kebudayaan dari Jepang dipilih untuk diperkenalkan melalui makanan khasnya yakni sushi. Siswa diarahkan dan diajarkan mulai dari filosofi hingga tata cara pembuatannya.  Hal ini ditujukan untuk membuat siswa siswi SDN 01 Pagejugan mengenal kebudayaan lain di luar kebudayaan sendiri dengan tujuan untuk memperkaya ilmu pengetahuan dan pemahaman terhadap budaya lain. Selain itu, pengenalan kebudayaan asing ini juga mampu membuka sudut pandang siswa menjadi lebih luas dalam segala macam aspek, dalam kasus ini adalah kebudayaan.

Untuk menyukseskan program ini, tim 1 KKN UNDIP memilih untuk mengadakan kegiatan membuat sushi dan menggulungnya sendiri. Siswa siswi akan diminta untuk menyusun dan menggulung sushi mereka sendiri dengan bahan-bahan yang telah disediakan. Hal ini melibatkan praktik dengan cara menyenangkan yang diselipkan juga tentang pengetahuan negara Jepang. Kegiatan ini berlangsung dengan meriah karena siswa yang berpartisipasi sangatlah bersemangat dalam membuat makanan yang menurut mereka masih asing dan baru ini. Di akhir acara, siswa diminta untuk menghias piring masing-masing dan yang hiasannya paling menarik juga cantik akan diberikan hadiah.

Pelaksanaan kegiatan ini mendapat banyak respons positif oleh masyarakat karena tim KKN kami membuka mata dan pandangan warga lebih luas mengenai kebudayaan dari negara lain, terutama bagi anak-anak yang masih dalam proses belajar. Namun, kami masih merasa kekurangan fasilitas dalam menggerakkan program kerja ini. Hal ini disebabkan kurangnya sarana dan prasarana yang ada sehingga tim kami harus melakukan kegiatan ini di posko dengan jumlah siswa yang terbatas. Meskipun demikian, kegiatan ini tetap berlangsung meriah dan ramai karena masyarakat yang terlibat pun merasa antusias diperkenalkan dengan hal-hal yang menurut mereka masih baru.

Masyarakat yang terlibat diharapkan dapat mendampingi anak-anak murid di luar sekolah untuk memperkenalkan kembali banyaknya kebudayaan yang berada di luar. Hal ini ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan mengenai makanan bergizi ataupun juga kebudayaan yang bermanfaat bagi kehidupan. Sekolah juga harus menggalakan sosialisasi mengenai kebudayaan yang berada di luar Indonesia untuk memperluas wawasan bagi anak-anak murid mereka. Tim kami sangat banyak dibantu oleh antuasiasme masyarakat dalam hal ini karena tanpa adanya hal tersebut pun program kerja tidak akan dapat berjalan sesuai dengan perkiraan.

Menilik dari antuasiasme masyarakat, dapat disimpulkan bahwasanya harapan yang ada di dalam lapisan mereka adalah agar murid-murid SDN 01 Pagejugan dapat mengenal lebih jauh lagi tentang kebudayaan asing. Kegiatan tim KKN kami yang juga diselingi oleh ajang meningkatkan kreativitas pun diharapkan dapat membuat anak lebih mudah dan luas lagi dalam mengekspresikan sesuatu. Kebudayaan luar yang bermanfaat bagi kehidupan juga sangat diharapkan dapat meningkatkan sumber daya manusia yang harus dipahami oleh anak-anak dengan mengenal hal baru yang berada di luar zona nyaman dan aman mereka.