Adakan Program Kerja  Belajar sambil Bermain bagi Siswa Sekolah Dasar, Mahasiswa KKN Undip Sampai ‘Diserbu’ ke Posko

  • Feb 15, 2023
  • Yayan Hely Diana
  • BERITA

 

KAB. BREBES, JAWA TENGAH – Mahasiswa KKN Undip mengadakan kegiatan “belajar sambil bermain” di SDN Pagejugan 01 dan SDN Pagejugan 02, Desa Pagejugan, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Program ini dilaksanakan dari tanggal 16—26 Januari 2023. Materi yang diajarkan pun beragam, mulai dari literasi baca-tulis, pengenalan bahasa dan budaya asing, hingga pengajaran materi eksakta, seperti matematika dan IPA, dengan sasarannya adalah murid kelas 1 sampai kelas 6. Yang mencengangkan, adanya kegiatan ini sukses membakar semangat belajar para siswa sampai ‘menyerbu’ posko KKN mahasiswa Undip! Menarik, bukan?

Menilik latar belakang program ini, tidak bisa dimungkiri bahwa hadirnya pandemi Covid-19 di awal tahun 2020 memberikan banyak dampak dalam kehidupan, salah satunya di bidang pendidikan. Dalam hal ini, masih banyak siswa SD di Pagejugan masih belum lancar membaca dan menulis. Beberapa dari mereka bahkan harus putus sekolah akibat harus membantu orang tua bekerja demi memenuhi kebutuhan ekonomi.

Melihat itu, mahasiswa KKN Undip memutuskan mengadakan kegiatan “belajar sambil bermain”. Materi yang diajarkan adalah literasi baca-tulis untuk kelas 1 dan 2, pengenalan bahasa Inggris dan budaya Jepang untuk kelas 1 dan 4, serta pengajaran materi eksakta untuk kelas 3, 4, 5, dan 6. Permainan yang diberikan pun beragam, mulai dari mengadakan ice breaking hingga mahasiswa membuat beberapa alat/media ajar yang kreatif seperti mainan roda berputar (wheel spinner), permainan menyusun denah, bermain ular naga panjang, dan masih banyak lagi. Sesekali, mahasiswa juga memberikan hadiah kepada siswa ketika berani maju ke depan sebagai bentuk apreasiasi dan motivasi agar mereka lebih semangat dalam belajar. Khusus di dalam pengenalan budaya Jepang, siswa kelas 5 diajarkan cara membuat sushi (makanan khas Jepang). Kegiatan ini tentu menarik perhatian para siswa sehingga mereka tampak antusias saat pelaksanaannya.

Kegiatan belajar sambil bermain ini agaknya menimbulkan dampak positif bagi para siswa SD sebab tanpa para mahasiswa KKN Undip duga, mereka—para siswa—tiba-tiba saja datang ke posko KKN Undip, meminta les tambahan. Meski kegiatan les tambahan ini di luar program kerja, namun, melihat semangat para siswa yang antusias ingin belajar membuat mahasiswa luluh sehingga akhirnya kegiatan les tambahan pun diadakan setiap hari Jumat, di posko KKN.